Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Pinterest, Pin, Papan, dan Cara Daftar Pinterest

Pengertian Pinterest, Pin, Papan, dan Cara Daftar Pinterest


Cara Daftar Pinterest adalah sebuah proses step by step yang akan saya pandu pada tulisan berikut ini. Namun terlebih dahulu kita perlu mengenal apa itu Pinterest, selanjutnya kita juga akan membahas apa itu Pin dan Papan yang biasanya digunakan pada aplikasi Pinterest.

Apa itu Pinterest?

Menurut saya pribadi Pinterest adalah salah satu mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo, Yandex yang lebih fokus ke visual seperti gambar dan video.

Kamu dapat mengetikkan kata kunci pada navigasi pencarian di bagian atas halaman, dan Pinterest akan menampilkan berbagai hasil.

Sebagai contoh saya ketik Roster Dinding, maka Pinterest akan menampilkan berbagai Kata Kunci yang berkaitan dengan Roster Dinding seperti Roster Dinding Pagar, Roster Dinding Pagar Minimalis, Roster Dinding Teras dan lain sebagainya (Cek gambar di bawah)

Kata Kunci

Setelah kita ketik Roster Dinding dan tekan enter di keyboard, maka akan tampil gambar atau disebut Pin yang berhubungan dengan Roster Dindin yang dapat dilihat seperti di bawah ini:

 

Hasil Pencarian dari kata kunci

Apa Itu Pin

Pin adalah mirip dengan postingan misalnya di Facebook ataupun di instagram, Pin dapat berupa gambar dan video. Dengan mengklik Pin, Kamu dapat mengunjungi situs web tertentu sesuai dengan link atau tautan yang dimasukkan oleh pemilik akun Pinterest untuk mempelajari info selanjutnya atau membeli produk tersebut.


Apa Itu Papan

Papan adalah istilah yang dipakai untuk tempat kamu menyimpan pin, mirip seperti playlist lagu tempat kamu menyimpan lagu-lagu favoritmu. Kamu dapat membuat papan baru dari profimu atau saat kamu membuat atau menyimpan pin.

Berikut ini contoh Papan Pinterest:



Cara Daftar Akun Pinterest

Langkah 1: Kamu perlu membuat akun Pinterest Bisnis, kenapa akun Pinterest Bisnis? karena menurut saya akun Pinterest memiliki fitur yang tidak dimiliki akun Pinterest personal seperti Fitur Analitik yang fungsinya untuk melihat grafik perkembangan akun Pinterest kita.

Silakan klik di sini: https://business.pinterest.com/id/  untuk mendaftar Akun Pinterest Bisnis. Ada 3 Pilihan mendaftar akun Pinterest Bisnis yaitu bisa dengan email, akun google dan akun Facebook.

Saran saya gunakan saja Akun Google, karena menurut saya dengan akun Google kita tidak perlu ribet  konfirmasi ke email lagi. Tapi saya serahkan kembali lagi ke kamu, mau mendaftar menggunakan apa.

Daftar Akun Pinterest Bisnis

Saya daftar pakai Akun Google, setelah saya klik Continue with Google, maka tampilannya seperti di bawah ini, dan jangan lupa isi tanggal, bulan, dan tahun lahir kamu, kemudian Klik Create Account.

 

Daftar Pinterest Bisnis

Setelah klik Create Account, maka tampilannya seperti ini:

 


Selanjutnya Klik tulisan arifin1130 (seperti gambar di atas) sebagai informasi nama Arifin1130 itu otomatis dibuat Pinterest tapi kita dapat merubahnya sesuai dengan keinginan kita.

 

Ubah Akun dari Personal Ke Bisnis

Pada gambar di atas, yang ada tanda panah merah, tertulis Personal, itu artinya akun di atas masih personal. Tugas kita sekarang yaitu mengubah dari akun personal ke akun Pinterest bisnis dengan cara Klik Convert to Business.

 


Setelah klik Convert to Business, maka akan tampil halaman berikutnya (seperti gambar di atas) yang menampilkan perbedaan antara akun personal dan akun bisnis Pinterest. Kamu bisa cek sendiri apa saja perbedaannya. Selanjutnya Klik Upgrade.

 



Selanjutnya, maka akan tampil halaman seperti di atas, dan untuk contoh beri nama pada Profil Name yaitu “Roster Dinding Beton”, untuk pilihan website bisa di isi bagi yang memiliki website, atau yang belum memiliki website bisa klik pilihan No (Tidak memiliki)

Untuk contoh tutorial kali ini saya tidak pakai Website, itu artinya saya pilih No dan pilih negara Indonesia dan Bahasa Inggris. Ini bebas terserah kamu mau pilih negara dan bahasa apa sesuai dengan targermu. Selanjutnya klik next. 

 

Penjelasan Tujuan Akun Pinterest Kita Di Buata

Setelah Next, maka akan tampil halaman yang isinya tentang menjelaskan bisnismu. Contoh: Nama Bisnis Aku tentang Roster Dinding Beton, berarti masuk kategori Home dan tujuan aku pilih 3 jenis yaitu: Sell more product, Drive traffic to your site, dan Create content on Pinterest to grow an audience. 

 


Setelah klik Next, maka akan tampil halaman yang menyarankan tentang profesi kita, contoh saya pilih Blogger.

Setelah Klik Next, maka akan tampil halaman tentang penawaran apakah tertarik memasang iklan di Pinterest, saya pilih tidak tertarik karena saya mau menggunakan Pinterest sebagai tempat untuk menghasilkan traffic organik.



 Setelah Klik Next, maka akan tampil tawaran untuk memulai share pin, seperti di bawah ini:

Pin Pinterest

Namun, sebelum share Pin, saya mau ngasih tahu bahwa pada step ini akun kita sudah jadi akun Pinterest Bisnis.

Akun Bisnis Pinterest

Langkah 2: Membuat Pin dan Papan, ini adalah salah satu bagian yang penting untuk mendapatkan traffic dari Pinterest.

Di sini saya akan menggunakan Sedikit Teknik SEO (Search Engine Optimization) untuk mengoptimasi Pin dan Papan yang kita buat. Bagi kamu yang belum familiar dengan istilah SEO, nanti Saya bahas dipostingan lain.

Namun, sebelum itu ada beberapa hal yang perlu disiapkan seperti diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Gambar atau Video (Untuk Membuat Pin Pinterest)

Gambar atau video untuk membuat Pin


Gambar atau video bisa diambil di Google, Instagram, Pinterest, ataupun di Shopee, lebih baik kalau punya foto sendiri atau edit sendiri.

2. Kumpulan Kata Kunci (Keyword)

Kumpulan kata kunci ini sudah saya bahas di atas, caranya mudah ketik pada menu pencarian Pinterest misalnya Roster Dinding, maka di bawah dari kolom pencarian, akan ditampilkan berbagai kata kunci terkait Roster Dinding. Contohnya seperti di bawah ini. 

Kumpulan Kata Kunci

Kata kunci yang tampil itu di Copy, kemudian di Paste ke Microsoft Word ataupun ke Notepad, dan hasilnya seperti di bawah ini:

 

Kumpulan Kata Kunci

3. Membuat Pin dan Papan

Selanjutnya membuat PIN dan Papan dari gambar atau video yang sudah disiapkan, dan siapkan juga kumpulan Kata Kunci yang sudah dikumpulkan sebelumnya. 

Untuk lebih jelasnya berikut cara membuat Pin Pinterest:


Setelah Create Pin, maka tampilan halaman selanjutnya seperti di bawah ini:

 


Kemudian pilih dimana gambar atau video yang rencanya akan diupload di laptop atau komputermu.

 


Selanjutnya isi Judul, Deskripsi (Dari Kumpulan Kata kunci), Link (Link Shopee atau Link Website).


Selanjutnya tahap membuat Papan atau Board, Pada menu Choose a Board klik tanda panah kebawah, selanjutnya Klik Create Board.

Cara buat Papan Pinterest

Selanjutnya kasih nama Papan atau Board misalnya Roster Dinding Minimalis dan Klik Create.

 

Nama Papan Pinterest

Selanjutnya, maka akan tampil Nama Papan seperti di bawah ini:

 

Nama Papan Pinterest

Selanjutnya ini bagian yang penting juga yaitu mengisi Tag, dengan cara menyesuaikan gambar atau video yang diupload. Untuk contoh studi kasus kali ini, ketik saja Home (Rumah) pada menu Tag, maka biasanya akan tampil beberapa Tag berkaitan dengan Home.

Cara buat Taq Pinterest

Setelah itu, Klik Publish.

 

Publish PIN

Selanjutnya, kita bisa melihat tampilan Pin yang telag dibuat seperti di bawah ini:

Pin Pinterest


Selain itu, kita bisa juga melihat tampilan Papan Pinterest yang sudah kita buat tadi, yang tampilannya seperti di bawah ini:

 

Papan Pinterest

Untuk Papan dan Link yang saya tandai di atas tersebut adalah satu satu RAHASIA Optimasi SEO Pinterest yang sudah dijelaskan pada Channel Bang Ipin.


Posting Komentar untuk "Pengertian Pinterest, Pin, Papan, dan Cara Daftar Pinterest"